fbpx

Bayi Baru Lahir Rewel Setiap Malam Apa Penyebabnya? Lalu Bahayakah?

Mungkin Anda tengah mencari tahu bayi baru lahir rewel setiap malam apa penyebabnya? Sementara ada bayi newborn tidur pulas di siang hari tapi begitu malam tiba, ia rewel. Perlu diketahui ini sangat wajar dan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal.

Bayi Baru Lahir Rewel Setiap Malam Apa Penyebabnya? Simak Berikut!

Sedikitnya, berikut adalah beberapa hal yang membuat bayi baru lahir rewel di malam hari, diantaranya:

  • Merasa lapar

Rewel merupakan gestur dari bayi yang menandakan bahwa ia tengah lapar. Karena itu, coba berikan susu segera mungkin.

  • Popok yang sudah sangat basah

Tak sedikit bayi yang merasa kurang nyaman dengan popok penuh. Sehingga ia rewel agar popok yang dikenakan segera diganti. Selain itu, bisa jadi sang bayi tengah buang air besar. Jadi popok yang dipakai tidak nyaman. Untuk itu, perhatikan selalu penggunaan popok pada sang bayi.

  • Pertanda kolik

Salah satu tanda dari kolik adalah bayi yang tengah rewel di malam hari. Umumnya, tangisan bayi terjadwal baik itu di siang saja maupun malam saja. Pada saat itu pula bayi sulit untuk ditenangkan. Bahkan menjadikan bayi bisa menangis terus menerus. Terlebih memang kolik sering kali terjadi pada bayi newborn umur 2 minggu atau lebih. Kemudian kolik bisa mereda dengan sendirinya ketika bayi berumur 3-4 bulan.

  • Night terror

Bukan mimpi buruk, night terror membuat bayi menangis, meronta-ronta, mata berkaca-kaca tapi tidak merespons orang tua. Bayi tampak bangun, padahal ia sedang tidur. Night terror dapat terjadi karena sistem saraf pusat sang bayi sangat terstimulasi.

  • Ingin bergerak

Bayi newborn yang rewel dan menangis di malam hari bisa jadi karena merasa bosan. Merasa jam tidur terlalu lama jadi ia ingin bermain. Karena itu, ia akan rewel jika tidak ditemani. Anda bisa mengajak bermain seperti mengajaknya bercanda ataupun cilukba. Agar sang buah hati kembali merasa nyaman.

  • Kelelahan

Bayi newborn yang merasa kelelahan di siang hari, membuatnya rewel dan menangis di malam hari.

Menangis adalah satu-satunya cara yang bisa dikerjakan oleh bayi sebagai bentuk ungkapan atas yang dirasakan atau diinginkannya. Tentu saja, ketika bayi sedang rewel di malam hari ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Cara Mengatasi Bayi Yang Rewel Di Malam Hari

Sebagai orang tua baru tentu saja merasa cemas melihat sang buah hati yang rewel. Apalagi di waktu malam yang sebetulnya adalah jam istirahat. Jika terus begitu, maka kondisi hari seolah berubah. Dimana siang menjadi malam, dan malamnya jadi siang.

Kondisi bayi yang rewel perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab jika rewelnya bayi berlangsung terus menerus bisa jadi ada sesuatu yang dirasakan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menangani bayi rewel di malam hari:

  1. Mengusap-usap kepalanya dengan lembut
  2. Memberikan ASI
  3. Menggendong dan ditimang-timang
  4. Mengganti alas tidur maupun popok
  5. Memberikan minyak telon pada perut bayi
  6. Mengondisikan ruangan bayi senantiasa sejuk atau nyaman.

Mengatasi rewel pada bayi newborn, tentu tidak mudah. Pasalnya, orang tua harus bisa memberikan penanganan yang sesuai dengan keinginan bayi. Sementara, bayi newborn belum bisa berbicara dan hanya menangis sebagai bentuk ungkapan ketidaknyamanan yang dirasakan. Oleh karena itu, orang tua harus cepat tanggap untuk memberikan penanganan. Sehingga bayi tidak rewel lagi. Tentunya dengan mencari tahu bayi baru lahir rewel setiap malam apa penyebabnya terlebih dulu.

Baby Milano

all author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

X