fbpx

Tips Jaga Kesehatan untuk Bumil selama Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang tengah mewabah saat ini menimbulkan kekhawatiran bagi siapa saja. Tak terkecuali para ibu hamil yang sedang menanti calon buah hatinya untuk lahir ke dunia. 

Saat ini tidak sedikit wanita yang sedang mengalami masa kehamilan di tengah pandemi Covid-19. Tentu membuat ibu hamil harus lebih ketat menjaga kesehatannya agar tetap aman dimasa pandemi. Terlebih lagi ibu hamil lebih rentan terhadap berbagai virus dan bakteri. Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga pada ibu hamil. Namun juga kesehatan mental ibu hamil perlu dijadikan sebuah perhatian khusus. Jangan sampai wabah Covid-19 malah membuat ibu hamil panik sehingga lupa akan kesehatan dan juga janin didalam kandungannya. 

Dihimpun Baby Milano dari berbagai sumber, berikut 5 tips yang dapat diterapkan agar ibu hamil serta si calon bayi tetap sehat di tengah pandemi Covid-19:

  1. Kontrol Kehamilan

Di masa pandemi seperti ini, kontrol kehamilan sebaiknya dikurangi menjadi empat kali kontrol sepanjang masa kehamilan.Misalnya pada trimester pertama, kontrol kehamilan bisa dilakukan satu kali yaitu di usia kehamilan 11-13 minggu. Di trimester kedua juga kontrol satu kali yaitu di usia kehamilan 20-24 minggu. Kemudian di trimester ketiga, kontrol kehamilan dilakukan di usia kehamilan 28 minggu dan di atas 36 minggu.

  1. Menjaga Protokol Kesehatan

Rajin mencuci tangan hal yang wajib dilakukan oleh para ibu hamil, sebab tangan merupakan salah satu media penyebaran virus Corona. Apapun yang disentuh di luar sana bisa jadi sudah disentuh oleh orang yang sudah terpapar virus. Refleks menyentuh bagian wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut, bisa berakibat fatal. Sebab, ketiga bagian di wajah itu merupakan pintu masuk yang cukup rentan bagi virus Corona. Terpapar virus Corona tentu bisa membahayakan kesehatan yang juga bisa berdampak pada janin. Untuk menghindari hal tersebut, ibu hamil perlu rutin mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir. Jika sedang tidak memungkinkan, bisa membersihkan tangan dengan cairan antiseptik yang mengandung alkohol minimal 70%. Langkah ini diyakini bisa membunuh virus yang menempel di tangan kamu. 

Ibu hamil juga diwajibkan memakai masker dan face shield setiap keluar rumah, terutama saat kontrol kehamilan di rumah sakit. Ketika selesai kontrol, segera mandi dan cuci pakaian yang dikenakan ketika menemui dokter.

  1. Penuhi Nutrisi di Masa Kehamilan

Ibu hamil sangat perlu memenuhi nutrisi kehamilan dengan makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun. Makan makanan bergizi untuk yang sedang berbadan dua, tentunya harus memperhatikan asupan gizi dari apa yang di makan demi menjaga kesehatan si ibu hamil dan janin di dalam kandungan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Seseorang diyakini mampu menangkal serangan virus Corona jika memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Oleh karena itu, giat mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan pilihan yang sangat tepat untuk saat ini. Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Selain itu, ibu hamil biasanya juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang kaya akan kalsium. Konsultasikan asupan vitaminmu dengan dokter kandunganmu ya. 

  1. Hindari Keramaian / Menjaga Jarak

Social distancing atau menjaga jarak merupakan salah satu upaya untuk menghindari penyebaran virus Corona. Jarak 2 meter dinilai sebagai jarak yang aman agar terhindar dari percikan cairan atau droplet yang dikeluarkan oleh orang yang batuk atau bersin disekitarmu. Alih-alih menjaga jarak aman, ada baiknya hindari saja kerumunan untuk sementara waktu. Selain itu, menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala-gejala virus Corona merupakan langkah yang bijak. Sebagaimana diketahui, gejala umum yang ditemui pada orang yang terpapar virus Corona adalah batuk kering, demam, merasa kelelahan, sesak napas, serta pilek dan diare. Sebaiknya jangan keluar rumah jika memang tidak benar-benar diperlukan. Fokuslah menjaga kesehatan kamu dan calon bayimu di rumah. Meski begitu, bukan berarti ibu hamil harus melewati jadwal kontrol rutin. Tetap kontrol kondisi kandungan dan perkembangan janin seperti sediakalanya. Sebaiknya buat janji terlebih dahulu bertemu dengan dokter kandungan dan datanglah pada waktu yang sudah disepakati agar tidak perlu mengantri di ruang tunggu. Hal ini tentu dapat mencegah ibu hamil berada di luar rumah dalam waktu yang lama. 

  1. Berolahraga

Selama pandemi ini, kegiatan olahraga tentu sebaiknya dilakukan di rumah. Jenis olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil antara lain adalah yoga, senam ibu hamil, dan pilates. Pertemuan tatap muka dengan instruktur senam untuk sementara waktu bisa diganti dengan sistem daring. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan senam hamil dengan memanfaatkan panduan yang ada di internet.

Baby Milano

all author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

X